Sinergi Sekolah dan Rumah dalam Pendidikan Karakter Anak di Masa Pandemi

 


Temanggung _ Pandemi membuat Kegiatan belajar mengajar harus berjarak. Antara siswa dan guru tidak bisa langsung berinteraksi, padahal peran guru sangatlah penting dalam pendidikan karakter siswanya.

Dalam pendidikan karakter selain anak mengetahui anak juga butuh untuk di berikan contoh teladan. 

Sdit cahaya insani temanggung tetap berupaya memantau perkembangan karakter peserta didiknya dengan bersinergi dengan orangtua dirumah. 

Melalui program evaluasi amal ibadah harian anak serta bina suasana setiap hari saat opening maupun closing KBM daring, dan di evaluasi setiap satu bulan sekali harapannya anak tetap terjaga karakter religius nya di masa pandemi.

Selain sholat 5 waktu dan sholat Dhuha, mengaji Al-Qur'an juga merupakan rutinitas wajib yang harus dilakukan siswa. 

Untuk melatih kemandirian anak ada juga program lifeskill seperti mencuci baju sendiri, membantu mengerjakan pekerjaan rumah dll.

"Alhamdulillah sekolah tetap berperan terhadap pembinaan anak. Ketika ucapan orang tua kadang tidak didengarkan. Dengan adanya materi dari sekolah, anak menjadi lebih manut. Karena ucapan bapak ibu gurunya lebih dipedulikan. Untuk materi dari sekolah sudah baik. Tp dimasa seperti ini, memang sepenuhnya pendidikan dipegang oleh orang tua karena orang tua yg bisa memantau anaknya. Yg berinteraksi setiap hari adalah keluarga. Peran sekolah hanya sebagai penguat. Terimakasih ustazah" Tutur salah satu wali murid kelas 3A Tahun ajaran 2020-2021