Masa Orientasi Peserta Didik Baru 2016/2017

Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD), adalah kegiatan yang dilaksakan setiap tahun ajaran baru, sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2014 tentang Orientasi Peserta Didik Baru yang merupakan pengganti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 112/U/2011. Merujuk kepada Peraturan yang keluarkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 55 Tahun 2014, pasal 2 disebutkan bahwa tujuan diadakannya MOPD pada masing-masing sekolah adalah :
1. Mengenalkan Program Sekolah.
2. Mengenalkan Lingkungan Sekolah.
3. Mengenalkan Cara Belajar.
4. Mengenalkan Konsep Pengenalan Diri Peserta Didik, dan
5. Mengenalkan Kepramukaan.

SDIT Cahaya Insani melaksanakan program MOPDB pada tanggal 18-20 Juli 2016. Selain beberapa hal di atas, MOPD juga diisi dengan permainan besar dalam dinamika kelompok dan dogeng islami oleh Ustad M. Lukman, S.Pd.I.

Menurut Ustadzah Suliyah, S.Pd. waka kesiswaan SDIT Cahaya Insani Temanggung, MOPD tahun ini dirancang dengan program yang lebih menyenangkan dan islami. Termasuk pengenalan adab makan, adab ke kamar kecil, wudhu, sholat dan adab-adab Islami lainya. Di samping itu kegiatan ini juga merupakan pendeteksi awal potensi setiap peserta didik agar di kemudian hari potensi menonjol setiap siswa bisa di kembangkan secara maksimal.