17 Contoh Tumbuhan Berakar Serabut dan Penjelasannya



Akar serabut merupakan salah satu dari 2 jenis akar lembaga yang tumbuh dari radikula biji. Akar serabut dapat dijumpai pada tumbuhan monokotil. Tumbuhan-tumbuhan dengan keping biji tidak berbelah umumnya memiliki sistem perakaran yang dalam bahasa latin disebut Radix adventicia. Beberapa contoh tumbuhan berakar serabut itu akan kita bahas pada artikel kali ini lengkap dengan fungsi dan struktur morfologi dan anatominya. Silakan disimak!

Tumbuhan Berakar Serabut

Biji pada tumbuhan monokotil yang berkecambah, pertama kali membentuk radikula (akar lembaga) yang kemudian tumbuh menjadi akar primer. Akar primer pada tumbuhan berakar serabut tidak bertahan lama. Akar primer ini akan mati dan digantikan oleh akar-akar yang memiliki ukuran yang hampir sama dan secara bersamaan keluar dari pangkal batang. Akar-akar tersebut tumbuh bukan di tempat tumbuhnya akar pada umumnya, maka akar ini disebut akar liar dan berbentuk seperti serabut (fibrous root). Maka dinamakanlah akar serabut.
Sebagian besar akar serabut tumbuh secara menyebar di tanah dan ada pula yang tumbuh lurus ke dalam tanah untuk memperkokoh batang tumbuhan. Karena akar ini muncul dari pangkal batang, maka seringkali akar ini terlihat di permukaan tanah. Sama halnya dengan akar tunggang, akar serabut juga memiliki cabang-cabang akar yang berguna untuk memperluas bidang penyerapan dan juga untuk memperkokoh berdirinya tumbuhan.


Contoh Tumbuhan Berakar Serabut
Gambar akar serabut pada tumbuhan

Bentuk akar serabut

Akar serabut berbentuk seperti serabut-serabut kelapa, kecil dan panjang. Umumnya tumbuhan berakar serabut tergolong tumbuhan monokotil. Namun perakaran tumbuhan dikotil yang diperbanyak secara vegetatif juga berupa akar serabut. Akar serabut terbentuk dari akar lembaga yang mati dan tumbuh akar-akar baru yang memiliki ukuran yang relatif sama dan keluar dari pangkal batang.
Menurut bentuknya, akar serabut dapat dibedakan menjadi:
  • Benang. Akar ini merupakan akar serabut dengan ukuran kecil-kecil dan berbentuk seperti benang. Contoh tumbuhan berakar serabut dari jenis ini adalah padi (Oryza sativa L.), pada kebanyakan rumput-rumputan
  • Tambang. Akar serabut ini berbentuk kaku, keras dan cukup besar serta menyerupai tali tambang. Contoh tumbuhan berakar serabut dari jenis ini adalah kelapa (Cocos nusifera L.)
  • Akar serabut besar. Akar serabut jenis ini berukuran lebih besar, hampir sebesar lengan, umumnya tidak membentuk percabangan. Contoh tumbuhan berakar serabut dari jenis ini adalah pandan (Pandanus tectorius)


Fungsi Perakaran Serabut

Akar serabut dapat tumbuh hingga lebih dari 100 mil. Fungsi dari akar serabut bagi tumbuhan monokotil khususnya yaitu:
  1. Untuk menyokong dan menahan tubuh tumbuhan agar tidak mudah roboh
  2. Untuk menjangkau air dan hara yang jauh dari zona perakaran. Perakaran yang kecil memudahkan tumbuhan berakar serabut ini menembus tanah sehingga daerah jangkauan akar akan lebih luas.
  3. Mencegah erosi. Akar serabut yang timbul di permukaan tanah membantu dalam mencegah erosi karena sistem perakaran serabut ini dapat mempertahankan lapisan atas tanah.


Contoh-Contoh Tumbuhan Berakar Serabut

Umumnya tumbuhan monokotil dan tumbuhan paku memiliki perakaran serabut. Contohnya yaitu tumbuhan dari jenis Palmae, salak (Salacca zalacca), pepaya (Carica papaya), pisang (Musa paradisiaca), tebu (Saccharum officinarum L.), bambu (Bambusa sp.), jagung (Zea mays), alang-alang (Imperata cylindrica), sebagian rumput-rumputan. [Baca Juga : Fungsi Rambut Akar]
Tumbuhan dikotil yang diperbanyak secara vegetatif juga memiliki akar serabut. Contohnya yaitu cangkokan mangga, rambutan, durian; tumbuhan dari stek.


Contoh Tumbuhan Berakar Serabut
Gambar contoh tumbuhan berakar serabut
Meskipun pohonnya tinggi besar dan perakarannya hanya akar serabut, tumbuhan berakar serabut masih tetap bisa berdiri kokoh. Hal ini disebabkan karena akar serabut sendiri juga berfungsi sama dengan akar tunggang, percabangan pada akar serabut pun lebih banyak sehingga dapat memperluas bidang perakarannya.

Demikian pembahasan kita mengenai akar serabut serta contoh tanamannya. Semoga bermanfaat ya teman-teman.