Bingkisan Kecil dari SDIT Cahaya Insani Temanggung untuk Muslim Tlogowunggu



Bingkisan Kecil dari SDIT Cahaya Insani Temanggung  untuk Muslim Tlogowunggu.
Selain di sekitar sekolah di bawah yayasan fi ahsani taqwim, salah satu tujuan Bakti Sosial Ramadhan 1436 Hijriyah SDIT Cahaya Insani Temanggung adalah Desa Tlogowunggu, Kaloran Temanggung. Desa Ini adalah satu desa di Kaloran dimana penduduknya mayoritas Budha. Hanya beberapa gelintir yang Muslim. Di Kecamatan Kaloran, Vihara (tempat peribadatan agama Budha), bertebaran di mana-mana. Di Telaga Wungu saja ada 6 Vihara. Di seluruh Temanggung tentu lebih banyak lagi. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), Vihara di Temanggung tercatat ada 128. Dan Vihara terbesar ada di Telaga Wungu. Bahkan di desa ini sedang dipersiapkan sebuah pusat pendidikan Budha di atas lahan seluar 8 hektar.
Menurut Ustad Teguh Mahmudi ketua Himpunan Muslim Mualaf Kaloran menyatakan bahwa Awalnya,  hampir semua penduduk Kaloran adalah Muslim. Lalu, saat Partai Komunis Indonesia (PKI) berdiri, banyak masyarakat di beberapa desa di Kaloran yang terseret masuk ke partai tersebut. Bahkan, Telaga Wungu termasuk basis gerakan PKI di Temanggung.
Pasca pemberontakan G 30 S/PKI tahun 1965, menurut Teguh, pemerintah melakukan gerakan pembersihan terhadap PKI dan antek-anteknya. Nah, saat itulah kepala desa Getas dan Kalimanggis, yang keduanya beragama Budha menyerukan agar masyarakat masuk ke agama Budha, bagi yang ingin selamat. “Yang tidak mau dianggap PKI,” kata Teguh yang lahir 43 tahun lalu ini.
Tentu saja semua orang takut dan ingin selamat. Maka secara masif masyarakat Kaloran, termasuk di Telaga Wungu pindah agama, dari Muslim menjadi Budha. Sejak itulah Budha berkembang hingga sekarang.
Di tengah pemukiman Budha itulah ada beberapa Kaum Muslimin yang perlu di kuatkan aqidah keislamanya. Oleh karena itu dalam Rangkaian aktivitas Ramadhan ini SDIT Cahaya Insani Temanggung mengalokasikan sebagian sumbangan infak Ramadhan muridnya, untuk menguatkan keislaman saudara-saudara Muslim di desa ini. Alhamdulillah di dusun Depok, Tlogowungu  telah dibangun Islamic Center dimana telah menjadi pusat aktivitas Himpunan Muslim Mualaf Kaloran yang merupakan penggerak dakwah di sekitar desa Tlogowunggu. Di Islamic center ini juga terdapat PAUD Islam Kusuma Indonesia yang berusaha menampung dan membentengi aqidah anak-anak mualaf agar tidak bersekolah di sekolah non-muslim. Ustad Teguh Mahmudi dan pengurus HMM saat ini masih bercita-cita kelak di Islamic Center ini akan bisa didirikan Sekolah Dasar Islam atau bahkan pesantren untuk mendidik dan membentengi aqidah para mualaf dan mempersiapkan da’i-da’i yang siap mendakwahkan keindahan Islam.
Semoga dengan bingkisan kecil Ramadahn dari keluarga besar SDIT Cahaya Insani ini, mampu menguatkan keimanan para mualaf dan sedikit membantu mewujudkan mimpi mereka memiliki sekolah Islam di desa Depok, Tlogowunggu, Kaloran.
Panitia Ramadhan 1436 Hijriyah SDIT Cahaya Insani Temanggung.