Teknis Dan Susunan Acara Khotaman Qiraati



TEKNIS DAN SUSUNAN ACARA KHOTAMAN
SDIT CAHAYA INSANI TEMANGGUNG

  1. KHOTMIL QUR’AN                              ( Ad Dhuha sampai An Nas )
Prosesi khotmil quran dilaksanakan oleh semua santri yang khotam pada waktu itu. Teknisnya, satu persatu santri khotam yang telah disebutkan namanya oleh pembawa acara berjalan menuju podium/panggung boleh dengan diiringi sholawat/lagu islami yang sudah ditentukan. Salah satu santri membaca nama surat, kemudian dilanjutkan santri khotam membaca secara bersama-sama surat Al Quran yang disebutkan (surat Ad Dhuha sampai An Naas).


  1. Do’a Khotaman                                              ( Oleh Peserta Khotaman )
Prosesi Do’a khotmil quran dibacakan oleh salah satu santri khotam yang telah ditunjuk oleh guru finishing qiraati.

  1. Sambutan – Sambutan :
    1. Panitia
Sambutan panitia disampaikan oleh ketua panitia khotaman yang telah ditunjuk/disepakati.
    1. Kepala TPQ
Sambutan kepala TPQ disampaikan oleh kepala lembaga/TPQ yang bersangkutan.
    1. Wali Santi
Sambutan wali santri disampaikan oleh wali santri yang telah ditunjuk dalam musyawarah panitia khotaman.

  1. Lalaran / Hafalan Uraian Ghorib Hal 44
Prosesi Lalaran / Hafalan Uraian Ghorib Hal 44 dilaksanakan oleh semua santri khotam dengan dipandu oleh salah santri khotam yang telah ditunjuk oleh guru finishing. Santri yang telah ditunjuk membacakan salah satu pokok bahasan pelajaran Ghorib muskilat, kemudian diikuti oleh semua santri khotam dengan mengulang kata yang telah dibacakan oleh santri pemandu.

  1. Lalaran / Hafalan Tajwid
Prosesi Lalaran / Hafalan Tajwid dilaksanakan oleh semua santri khotam dengan dipandu oleh salah santri khotam yang telah ditunjuk oleh guru finishing. Santri yang telah ditunjuk membacakan salah satu pokok bahasan pelajaran Tajwid, kemudian diikuti oleh semua santri khotam dengan mengulang kata yang telah dibacakan oleh santri pemandu.

  1. Imtikhan / Tanya jawab                                ( dipandu oleh Guru Finishing )
Prosesi Imtikhan / Tanya jawab merupakan acara tanya jawab pembelajaran qiraati finishing yang meliputi Baca tartil santri, pelajaran Ghorib musykilat, Tajwid, Do’a Harian, Surat-surat pendek (Ad Dhuha – An Naas), Bacaan-bacaan Sholat dan Wudlu. Prosesi imtikhan ini dipandu oleh guru finishing qiraati pada lembaga yang bersangkutan. Guru finishimg memberi kesempatan kepada asatidz qiraati perwakilan lembaga yang diundang, koordinator kecamatan/cabang, tamu undangan, wali santri, wali santri khotam, atau santri pada lembaga bersangkutan. Pertanyaan ditujukan untuk salah satu santri khotam atau semua santri khotam secara bersama-sama. Perlu diketahui untuk soal imtihan tidak diperbolehkan dibuat terlebih dahulu di lembaran kertas, akan tetapi langsung/spontan pada waktu itu, agar tidak terkesan rekayasa.

  1. Sambutan Koordinator Cabang / Koordinator Kecamatan
Sambutan Koordinator Cabang / Koordinator Kecamatan disampaikan oleh salah satu perwakilan Koordinator Cabang / Koordinator Kecamatan.

  1. Pengumuman Khotimin Terbaik
Pengumuman Khotimin Terbaik dibacakan oleh pembawa acara dengan menyebutkan urutan prestasi santri khotam terbaik, baik dari urutan terbawah terlebih dahulu atau sebaliknya. Santri yang sebutkan namanya, langsung menuju panggung yang disediakan dengan diikuti oleh santri terbaik lainnya dengan berdiri berbaris. Untuk penyerahan piagam atau kenang-kenangan boleh dilakukan oleh jajaran pengurus qiraati, atau tamu undangan sesuai urutan tingkat kemulyaan. Dalam acara ini boleh diiringi sholawat/lagu islami, agar tidak terkesan hambar.

  1. Pembagian Ijasah
Pembagian Ijasah dibacakan oleh pembawa acara dengan menyebutkan urutan nomor santri khotam. Santri yang sebutkan namanya, langsung menuju panggung yang disediakan dengan diikuti oleh kedua wali santri. Untuk penyerahan ijazah santri atau boleh dilakukan oleh jajaran pengurus qiraati (Korcab, Korcam, Ka Lembaga, Ka Yayasan, atau Ka Sekolah) sesuai urutan tingkat kemulyaan. Dalam acara ini boleh diiringi sholawat/lagu islami, agar tidak terkesan hambar.

  1. Mushofahah / bersalam –salaman
Prosesi mushofahah/bersalam-salaman dilaksanakan setelah acara pembagian ijazah santri. Susunan barisannya, semua santri khotam berdiri di podium/panggung, kemudian diikuti barisan wali santri khotam (barisan ikhwan dahulu kemudian akhwat). Semua tamu undangan ikut mushofahah untuk memberi ucapan selamat. Dalam acara ini boleh diiringi sholawat/lagu islami, agar tidak terkesan hambar.

  1. Penutup / Do’a
Prosesi do’a dibacakan oleh orang yang telah ditunjuk oleh panitia khotmil quran. Yang kemudian dilanjutkan penutupan acara oleh pembawa acara. Setelah acara ditutup baru semua tamu undangan dipersilahkan pulang menuju rumah masing-masing.